Monday, May 25, 2009

Costumer Satisfication or Employee satisfication (ES)

Agak keren nih judulnya, tapi ngertikan maksudnya?ini judul mengenai taktik perusahaan dalam ngurusin pegawainya atau ngurusin konsumennya. untuk lebih jelasnya begini kalo nga salah sih, soalnya judulnya juga nyontek. Pada suatu perusahaan itu sebaiknya pemiliknya mengutamakan pelayanan kepada konsumen lebih dulu atau melayani pegawainya lebih dulu. Mungkin ada baiknya kalau kita mencontoh pada perusahaan sekelas google dimana para pegawainya disuguhi berbagai fasilitas demi kenyamanan pegawainya sehingga pegainya tidak berusaha untuk pindah ke perusahaan lain atau dibajak perusahaan lain, selain itumereka juga diberi waktu 1 hari dalm seminggu untuk melakukan riset bebas sehingga mereka dapat menciptakan kreatifitas baru dalam bidang teknologi sehingga sampai sekarangpun google dapat menjaga kestabilan produk-produk teknologi yang berkualitas. Sehingga kepercayan masyarakat pada teknologi juga tetap berkiblat pada google.


Lain halnya dengan banyak perusahaan di indonesia yang lebih mengutamakan kenyamanan konsumennya dibanding dengan karyawannya dengan cara demikian mereka berharap konsumen dapat terjaga. Padahal dengan cara demikian mungkin akan banyak pegawai yang keluar atau pindah perusahaan dan mereka harus mencari pegawai baru lagi pada posisi itu yang belum tentu terlatih dan sesuai dan ini bisa menyebabkan pelayanan kepada konsumen jauh lebih buruk.


Yah mungkin karena bangsa indonesia kelebihan  penduduk, jadi sistem gaji termurah yang akan diambil daripada mencari mempertahankan orang-orang krestif dan pinter yang memiliki banyak tuntutan. Jadi teringat kenapa dinegeri ini banyak terjadi KKN, dimana kebanyakan terjadi KKN berada di perusahaan pemerintah yang notabene memiliki banyak karyawan yang kualitasnya juga dipertanyakan kayak aku ini. Dengan jumlah yang banyak dan kesejahteran yang as-pasan ya otomatis akan mengurangi sedikit banyaknya kualitas pekerjaan. Karena kebanyakan akan mencari uang tambahan lain dengan cara KKN atau juga mencari pekerjaan lain diluar alias cari sampingan( contoh: aku ini yang cari-cari peluang di internet).


Ya ini mungkin sedikit pemikiran aku mengenai pelayanan yang aku pelajari dari situsnya pak jokosusilo.com lumayan memberi inspirasi kalo-kalo nanti jadi bos hehe.

No comments:

Post a Comment